Dorong Kinerja Positif Ekspor Indonesia, Produk Unifam Mejeng di Gulfood 2021

Produk makanan dan minuman olahan industri Indonesia didorong menembus pasar ekspor, terutama kawasan Arabia. Terlebih peluang pasarnya terbuka lebar.
 
Data Kementerian Perindustrian menunjukkan industri pengolahan mampu mencatatkan nilai ekspor 131,13 miliar dollar AS di tahun 2020 atau naik 2,95 persen dari tahun 2019. Kinerja positif ini membuat neraca perdagangan sektor manufaktur sepanjang tahun 2020 surplus 14,17 miliar dollar AS.
 
Angka-angka itu yang mendorong Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) memfasilitasi pelaku industri makanan minuman (mamin) di ajang Gulfood 2021 di Dubai World Trade Center, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 21-25 Februari 2021.
 
Ajang pamer produk ini merupakan usaha pemerintah melakukan penetrasi produk mamin Indonesia ke pasar non tradisional seperti kawasan Teluk dan Timur Tengah. PT United Family Food (Unifam) turut berpartisipasi di pameran tersebut.
 
Apalagi keikutsertaan Unifam dalam pameran berskala global itu sebagai upaya memperluas pasar internasional, khususnya di Timur Tengah dengan menjaring distributor lokal di kawasan United Emirat Arab (UEA). Unifam menyadari peran Dubai sebagai area trade hub penting di Kawasan Timur Tengah menghubungkan jalur-jalur perdagangan di negara sekitarnya bahkan hingga ke Afrika.

Baca juga: Meski Pandemi, Kinerja Karyawan Unifam Tetap Terjaga Maksimal
 
COO PT United Family Food  Wishnu Pramuji menargetkan perluasan pasar internasional ke Kawasan Timur Tengah di tahun ini. “Melihat pertumbuhan ekspor Unifam di tahun 2020 sebesar 8% (YOY) membuat kami optimistis tahun ini bisnis ekspor dapat mulai kembali pulih didukung pertumbuhan perekonomian negara di tahun vaksin ini,” terang dia.
 
Gulfood 2021 merupakan pameran tahunan bergengsi dan bertaraf internasional terbesar di UEA, diikuti oleh 5.000 peserta dari 120 negara dan dikunjungi 92.902 pengunjung/buyer dan 186 negara. Mengusung tema “Trade with Indonesia” Paviliun Indonesia menempati Zona World Food Hall Syeikh Rashid. Paviliun Indonesia merupakan hasil kerja sama Ditjen PEN dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Dubai dan Konsulat Jenderal RI di Dubai.
 
Pada pameran Gulfood 2021, Unifam memperkenalkan produk Milkita Candy, Milkita Lollipop, Kata Oma dan Milkita Kental Manis. Pemilihan produk-produk tersebut didasarkan pada peluang ekspor dan daya saing produk serupa di negara lain. Lagi pula, produk permen soft candy dan lollipop memiliki potensi yang besar terutama bagi diaspora Indonesia di UEA.
 
Mulai tahun 2021 ini, Unifam berencana menambah negara ekspor antara lain UAE, Saudi, Qatar, Oman, dan Bahrain. Sekelompok negara yang biasa disebut Gulf Countries ini memiliki potensi besar pasar untuk produk permen. Dengan mengikuti pameran ini harapannya Unifam dapat menambah rekan bisnis importir yang dapat membantu memperluas distribusi produk-produk Unifam.
 
“Pameran dagang seperti ini merupakan sarana yang cukup efektif untuk menjaring rekan bisnis baru di luar negeri. Kami pun berterima kasih kepada pemerintah atas dukungan dan fasilitas yang diberikan kepada para pelaku industri mamin di tengah pandemi seperti ini,” pungkas Wishnu.

Sumber :

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *